Rihlah Ilmiah Kelas XI SMA Islam Almaarif Singosari Tahun Pelajaran 2019/2020

{"autoplay":"true","autoplay_speed":3000,"speed":300,"arrows":"true","dots":"true"}

 

Salah satu cara untuk lebih menambah wawasan peserta didik di SMA Islam Almaarif Singosari, yaitu diadakannya program Rihlah Ilmiah disetiap tahunnya. Rihlah Ilmiah merupakan program tahunan SMAI yang diperuntukan bagi seluruh siswa kelas XI, baik itu jurusan MIA, IIS, atau IBB.

Rihlah Ilmiah pada tahun ajaran 2019/2020 dilaksanakan pada tanggal 25-28 Desember 2019. Menurut ketua pelaksana kegiatan, bpk. Miftachul Adlim, S,Pd ada beberapa lokasi yang menjadi tujuan Rihlah Ilmiah pada tahun ini, diantaranya:

Makam Sunan Ampel Surabaya. Alasan diawali ke makam  Sunan Ampel agar selurus siswa siswi SMA Islam Almaarif Singosari khususnya kelas XI yang saat ini melaksanakan kegiatan Rihlah Ilmiah memiliki sikap religius yang tinggi serta bisa tercermin sikap kesehariannya dengan didasari syariat Ahlu Sunah Waljama’ah An-Nahdiyah.

Setelah itu langsung menuju lokasi selanjutnya yaitu Tebing Bereksi yang berlokasi di Gunung Sari, Sambirejo Kec. Prambanan Kab. Sleman Daerah Istimewa Yogjakarta. Disana siswa siswi mempelajari bagaimana mengolah daerah agar bisa dijadikan objek wisata dan banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Untuk anak jurusan IBB dan MIA langsung meluncur ke Candi Prambanan. Tugas mereka disana yaitu melatih keterampilan Bahasa Asing dengan cara mewawancarai touris mancanegara yang sedang berliburan di Candi Prambanan. Setiap siswa diwajibkan untuk mewawancarai touris kemudian hasil wawancaranya dibuat semacam laporan.

Adapun siswa dari Jurusan IIS ke Gunung Ngelanggeran yang terletak di Desa Ngelanggeran, Kec. Patuk Kab. Gunung Kidul Yogjakarta. Di sini siswa mempelajari bagaimana terbentuknya gunung, cara mengelola agar gunung tetap stabil keadaannya serta belajar secara langsung bagaimana melakukan reboisasi agar tanah yang ada di Gunung tidak longsor.

Di hari berikutnya yaitu tanggal 27 Desember 2019. Jurusan IIS mendatangi  Pabrik susu Mirota yang berlokasi di Jl Anggrek No 141 Sambelegi Kidul, Maguoharjo Kec. Depok Kab. Sleman Daerah Istimewa Yogjakarta. Di sini siswa belajar bagaimana menejemen perusahaan, cara merintis perusahaan, dan cara membuat Pruduk Susu Mirota. Kemudian untuk siswa jurusan MIA mendatangi tempat Intalasi Pengolahan Air Limbah. Disana mereka meneliti bagaimana air limbah bisa diolah mejadi air siap saji, selain itu jurusan MIA mendatangi Taman Pintar yang berlokasi di Jl. Panembahan Senopati No 1-3 Ngupasan Kec. Gondomanan Kota Yogyakarta, tujuannya untuk menambah keilmuan yang berhubungan dengan mata pelajaran Fisika.

Untuk anak IBB sendiri, mendatangi keratin Yogjakarta. Di sini mereka memperdalam mata pelajaran antropologi, mendalami kebudayaan yang ada di kraton, serta situs-situs sejarah yang berada di wilayah keraton.

Sekolah berharap dengan adanya kegiatan Rihlah Ilmiah, siswa siswi SMAI semakin paham terhadap mata pelajaran yang di dalami serta memiliki kreatifitas dan daya saing yang berlandaskan Ahlussunnah Wal Jamaah Annahdiyah.

 

 

By : Ujang Abd Basyir M.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*