Workshop Pembelajaran Berbasis AI

SMAIS NEWS – Workshop Pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis Artificial Intelligence untuk Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Pelatihan ini bekerja sama dengan Universitas Negeri Malang, IMLA Jawa Timur, dan MGMP Bahasa Arab Jawa Timur.  Acara tersebut berlangsung di Laboratorium Komputer SMA Islam Almaarif Singosari. 

Kepala SMA Islam Almaarif Singosari Titik Susanti SPd mendukung kerja sama dan membuka pintu lebar bagi UM untuk mengadakan workshop lebih lanjut. Workshop yang dihadiri oleh tenaga pendidik dari seluruh Jawa Timur terdiri dari dua sesi materi. Materi pertama disampaikan oleh ketua tim pengabdian masyarakat dari Departemen Sastra Arab Fakultas Sastra UM Moh. Fery Fauzi SPd MPdI.

Dia membahas tentang pentingnya mengikuti perkembangan teknologi dan membagikan berbagai website berbasis AI yang terkait dengan bahasa Arab, seperti qalam.ai, magicschool.ai, https://www.questionwell.org/, dan masih banyak lagi. Sesi ini dilanjutkan dengan demonstrasi penggunaan website Canva berbasis AI oleh dua mahasiswa Sastra Arab UM.

Materi kedua disampaikan oleh Moh. Fauzan SPd MPd MPdI. Dia memfokuskan materi pada pembuatan video pembelajaran bahasa Arab menggunakan aplikasi SCREENCAST-O-MATIC (SOM). Seluruh peserta diberikan bimbingan dan arahan mendalam untuk mempraktikkan penggunaan aplikasi ini secara langsung.

 

 

 

Melalui workshop ini, para peserta berhasil mendapatkan kembali kepercayaan dirinya sebagai seorang tenaga pendidik di tengah pesatnya perkembangan teknologi AI. Mereka berharap workshop semacam ini dapat meluas cakupannya.

 

 

 

-————————
Jangan lupa untuk like dan share, semoga bermanfaat~
-————————
Find Us :
IG : @smai_almaarif_singosari
Fb : SMA Islam Almaarif Singosari
Tiktok & Yt : smaismedia
Website : https://www.smais.sch.id